Sabtu, 04 Juni 2011

Jingga Untuk Matahari (my creation) part 1



Tari menatap jalanan lurus dihadapannya dengan rasa bingung da sedikit takut. Ia tidak mengerti apa maksud Ata berkata demikian padanya. Sosok Ata kini sudah tidak tampak lagi Hening tercipta ditengah rasa kalut Tari yang menguasai dirinya.
            “Tar, lo kenapa? Lo ngelamun ya?” sebuah suara mengagetkan Tari. Ia serta merta menoleh ke belakang dan mendapati sosok Ari yang duduk manis di atas motor hitamnya dengan raut wajah penasaran. Ya, itu sudah pasti Ari, bukan Ata.
            “Apa? Eh..eng..enggak kok, kak! Saya nggak kenapa-napa.” Jawab Tari terbata seperti orang kikuk. Awalnya dia ingin memberitahu Ari tentang ancaman aneh Ata. Namun niat itu segera diurungkan Tari. Ia tidak mau merusak hubungan dua saudara kembar yang baru dipertemukan lagi setelah sekian tahun terpisah itu. Lagipula Tari yakin, pasti ada alasan  mengapa Ata melakukan hal demikian. Ata yang tadi dilihatnya sangat berbeda dengan sosok Ata yang ramah dan murah senyum sewaktu bertemu di bandara. Tari jelas sama sekali belum mengetahui bagaimana Ata. Apakah itu pribadi Ata yang sebenernya? Mengapa sangat berbeda dengan ‘Sifat Ata’ yang selama ini dipakai Ari saat melakukan sandiwara di depan Tari?
            “Tar, Kok bengong lagi sih? Lo sakit ?” Suara Ari lagi-lagi menyentakkan lamunan Tari. Tari baru sepenuhnya sadar bahwa Ari ada di depan rumahnya pagi ini.
            “ Oh ya, Kak Ari ngapain pagi-pagi gini udah ada di depan rumah saya?”
            “ Ya gue mau jemput lo ke sekolah lah, eh lo nya dari tadi bengong gak jelas. Udah lah cepet naik ! ini udah mau jam setengah tujuh, nanti telat lagi. Kalo gue mah gak apa, udah blacklist. Tapi kalo lo yang telat bisa repot urusannya.” Jawab Ari panjang lebar.
            Tari melirik arloji barunya yang berwarna oranye. “ya ampun bener juga. Yuk cepetan kalo gitu” Tari berujar panik lalu  segera menaikki boncengan motor Ari. Tak lama, motor hitam itu sudah melesat cepat melawan deru angin di jalanan kompleks yang belum terlalu ramai. Tanpa mereka sadari, sepasang mata sedari tadi terus mengawasi mereka.
            “ Maaf, tar. Harusnya memang lo gak terlibat. Tapi gue gak bisa apa-apa. Lo sendiri udah milih untuuk masuk dalam lingkaran semu yang bahkan gak lo mengerti. Gue gak tau entah sejak kapan, tapi sepertinya lo udah jadi seseorang yang begitu penting buat saudara kembar gue.” Batin Ata sambil menghela nafas dengan raut wajah lelah.
***
            Motor Ari memasuki area sekolah. Pagi itu, SMA Airlangga sudah ramai oleh murid-muridnya. Ari memarkirkan motornya persis di sebelah motor milik Oji. Tak jauh dari Ari dan Tari, Oji yang saat itu sedang bersama dengan Eki langsung menghampiri Ari dengan heboh.
            “Wah.. Wah.. Pengantin baru udah akur lagi nih kayaknya”
            “ Iya nih Ji. Dua matahari yang sedang dimabuk asmara.” Sambung Eki dengan kata-kata noraknya. Tari yang kesal dengan candaan dua kakak kelasnya itu menunduk malu sambil mengutuk-ngutuki Oji dan Eki dalam hati.
            “ Lo tuh yang mabok!” Jawab Ari sambil menoyor kepala Oji dan Eki bergantian. Namun disertai tawa pelan.
            “ Eh, ki. Si bos sok-sokan gak mau ngaku, tapi mukanya sumringah gitu. HahaHaha... Liat aja deh pagi ini. Ari rapi kinclong gitu, pakai seragam lengkap lagi ke sekolah. Kan gak biasanya tuh!” seru Oji.
            “Emang kemarin-kemarin Ari ke sekolah gak pakai baju gitu? Wah.. parah lo Ri. Pantes cewek satu sekolah semua ngejar lo.” Kata Eki dengan goblok yang dibuat-buat.
            Oji yang gemas langsung melayangkan tinju ke arah Eki. “yee... begok!! Maksud gue selama ini kan Ari itu suka se enak jidatnya. Kadang pakai seragam, kadang pakai oblong, kadang Cuma pakai singlet doang, malah pernah dengan pede-nya mengsinkronkan antara seragam sekolah dan celana jeans. Bukan sama sekali gak pakai baju ke sekolah OON!!” kata Oji dengan gaya sok mengajari.
            Ari yang menjadi ‘objek dan topik’ utama pembicaraan malah tertawa keras hingga bahunya terguncang pelan. Sedang tari yang berdiri di sampingnya tetap diam, sambil tak sabar untuk menuju kelasnya.
            “ Udah.. Udah. Tari mau masuk kelas. Jangan digodain mulu ah.” Kata Ari smbil memegang pergelangan tangan Tari dan menariknya lembut. “ Lo berdua bawain tas gue ke kelas!” kata Ari dengan gaya nge-bossy lalu meninggalkan Oji dan Eki, setelah melempar tasnya yang dengan sukses menghantam dada Eki.
            “ Yee... gak asik lu bos! Cepet banget sih selesainya!” Oji pura-pura protes karena komedi singkatnya di pagi hari harus berakhir.
            “iya nih, mana gue ditimpuk tas.” Sahut Eki meringis pasrah. Tapi ari tidak perduli. Ia terus saja berjalan meninggalkan Oji dan Eki yang masih melanjutkan aksi ‘ sok protesnya’ yang tidak penting. Ari memegang tangan Tari yang dari tadi hanya pasrah oleh ocehan Eki dan Oji.
            Sesampainya di mulut tangga menuju kelas Tari, Ari melepas genggaman tangannya. Ia berbalik menghadap Tari dan tersenyum tipis. “ Lo gue antar sampai sini gak apa kan? Bel masih 10 menit lagi. Lo gak akan telat masuk kelas kok. Jadi, gue gak perlu bersilahturahmi dulu sama guru yang masuk di kelas Lo. Bisa?”
            “ Iya kak, gak apa kok, makasih ya udah jemput saya tadi. Saya bisa sendiri kok” jawab tari lega karena tidak harus menerima tatapan tanya dan penasaran dari orang-orang satu kelas lagi. Bukan apa-apa setiap ari muncul di samping tari, semua hal pasti akan menjadi objek pembicaraan seru bagi anak-anak.
            “ Oke kalo gitu” jawab ari sambil menepuk pelan pundak Tari. Ari pun berlalu menuju ke arah kelasnya sendiri.
***
            Sementara itu, di sekolah yang berbeda seorang cowok sedang duduk merenung dalam diam. Sambil memegang handphone yang sedari tadi hanya ia pandangi tanpa digunakan, pikirannya jauh melayang ke SMA lain yang berkilo meter dari tempatnya saat ini. Sosok seorang cewek dari tadi terus saja menari di benaknya. Cewek dengan senyum ceria yang terkadang menangis ketakutan di hadapannya. Cewek yang pada awalnya hanya menjadi objek penting untuk balas dendamnya. Ia mendengus kesal sambil memaki diri sendiri dalam hati. Kenapa ia menjadi lupa pada misi awalnya dan membawa perasaan ikut campur dalam misi itu.
            “ tenang aja tar, gak akan lama lagi  gue akan kembali muncul di hadapan lo. Gue akan kembali menjalankan tugas yang sempat gue tinggalin. Tugas sebagai ‘pelindung’ lo dari si brengsek Ari!”
***
            Bel isitirahat SMA airlangga berbunyi panjang. Murid-murid menarik nafas lega karena akhirnya bisa juga melepas penat dari tiap mata pelajaran yang membosankan.
            Diruang kelas 10-9, murid-muridnya sudah tidak sabar untuk berpindah ke area kantin atau sekedar ngantri di toilet sekolah. Tari sendiri masih sibuk dengan buku catatannya.
            “ Fi, bentar ya. Gue nyatat yang di papan tulis dulu. Tanggung nih!” kata tari kepada teman sebangkunya itu.
            “iya iya gue tungguin tapi cepetan ya tar!” jawab fio sambil memasukkan buku-bukunya ke dalam tas.
            Tari kemudian sibuk memindahkan salinan di papan tulis ke buku catatan, tari memang agak lambat dalam hal menulis. Jadi terkadang dia harus rela mengorbankan jam istirahat untuk melanjutkan catatan yang belum selesai, atau malah meminjam buku catatan temannya. Tak lama kemudian tari yang telah selesai mencatat mendesah lega. Ia meregangkan tangannya yang sedikit pegal lalu menutup buku catatan. Diraihnya pergelangan tangan Fio yang masih duduk menunggu di sampingnya. Tanpa menoleh tari bangkit berdiri dari kursi dan menarik tangan fio.
            “Yuk gue udah selesai! Laper banget nih. Entar kantin penuh kita gak dapat tempat lagi.” Kata tari. Fio yang di ajak berbicara malah diam aja, dan tidak beranjak dari tempatnya. Tari yang sudah sangat lapar menjadi sedikit kesal ‘Fio apa-apa an sih?, dia yang ajak dia yang lama!’ batin tari dalam hati. Tapi tunggu dulu, kenapa serasa ada yang beda? Kok tangan Fio ..... ?? tari yang merasa janggal langsung balik badan dan ......
            “ Ka Ari? Kok ?” tari kebingungan melihat sosok ari yang sudah duduk tenang di bangku Fio entah sejak kapan. Si empunya bangku sendiri malah sedang berdiri pasrah sambil angkat bahu saat di pelototin tari.
            “ jadi lo laper? Ya udah yuk ke kantin bareng gue!” jawab ari santai.
            Tari yang sadar bahwa ia masih memegang tangan ari, langsung kelimpungan dan langsung melepas genggamannya. “ ma ... maaaf ka, saya gak....” belum sempat tari berbicara ari sudah kembali menyambar tangannya. “ loh, tadi lo yang ngajakin? Orang yang udah buat janji ama gue tidak di perkenankan untuk ngebatalin begitu aja, ayo!”
            Muka tari yang sudah se-merah kepiting rebus hanya bisa pasrah saat ditarik asri keluar kelas, fio yang menyaksikan semuanya hanya bisa menatap ‘ meminta maaf’, sambil berusaha mati-matian menahan tawanya. Bukan apa-apa, sikap tari tadi memang kocak banget. Apalagi hal itu, dia lakuin ke ari yang notabene adalah pasangan berantemnya di sekolah. Beberapa murid yang tadi masih tetap di kelas juga menyaksikan semuanya dengan tatapan lucu dan senyum geli.
***

1 komentar: